Menemukan Berat Badan Ideal Anda

Banyak cara yang dilakukan orang untuk mencari berat ideal mereka. Cara yang paling umum dilakukan adalah mengurangi tinggi badan dengan 110.  Jadi misalkan tinggi anda 180 cm artinya berat ideal anda adalah 70 kg.Meskipun cara ini sangat mudah, kenyataannya cara ini dianggap kurang akurat.  WHO atau badan kesehatan dunia menyarankan suatu cara menentukan beratbadan ideal anda berdasarkan BMI atau Body Mass Index. Dan ini adalah panduannya :
  • Jika BMI anda <18 anda terlalu kurus
  • Jika BMI anda antara 18.5-22.9 anda temasuk ideal
  • Jika BMI anda antara 23.0-26.9 anda temasuk kelebihan berat badan
  • Jika BMI anda antara 27.0-35.0 anda temasuk kategori obesitas
  • Jika BMI anda antara >35 anda temasuk kategori obesitas morbid yang artinya dapat menyebabkan kematian.
Menemukan Berat Badan Ideal Anda


Nah, bagaimana cara menghitung BMI anda ?

Simpel, yang perlu anda lakukan adalah membagi berat badan anda dalam kg dengan tinggi badan dalam meter yang dikwadratkan. Berat badan (kg) / (tinggi badan (m) x tinggi badan(m)). Misalkan berat anda 90 kg dan tinggi anda 165 cm (1,65 m), artinya BMI anda adalah 90 / (1,65x 1,65) = 33 artinya anda berada dalam kategori obesitas.

Apa Resiko dari Kelebihan Berat Badan ?

Kalau anda kelebihan berat badan, anda harus mempersiapkan diri anda untuk menghadapi serangan penyakit.  Kasus awal yang umum ditemukan adalah meningkatnya tingkat kolesterol buruk, asam urat, tekanan darah tinggi.  Dan jika anda tidak segera merubah lifestyle dan pola makan anda, anda akan memiliki resiko tinggi terhadap masalah kesehatan lebih lanjut seperti Serangan jantung, stroke, Diabetes tipe 2, dan beberapa jenis kanker. Tapi saya tidak akan membicarakan masalah penyakit, karena kita akan membahas lebih lanjut bagaimana anda bisa menemukan solusi terhadap masalah berat badan anda. 

Kenapa kita Naik Berat Badan ?

Kebanyakan orang yang berkonsultasi dengan saya menyalahkan lemak dan nasi sebagai penyebab utama kenaikan berat badan.  Tapi itu hanya setengahnya benar.  Penyebab utama anda naik berat badan adalah KALORI.

Jika anda memasukkan kalori lebih besar dari yang digunakan oleh badan anda, tubuh anda akan merubah kelebihan kalori tersebut menjadi persediaan LEMAK.

Sekarang saya akan jelaskan :
  • Pada saat kita bergerak dan beraktifitas sehari-hari, Badan kita membakar sejumlah kalori tertentu setiap harinya. Kalori yang dibakar oleh tubuh tiap orang berbeda. Sekarang kita anggap rata-rata wanita indonesia badannya mampu membakar 1400 kilo kalori atau singkatnya kalori per hari. (dalam keadaan tanpa olahraga atau dikenal sebagai RMR atau Resting Metabolic Rate)
  • Setiap makanan dan minuman memiliki jumlah kalori tertentu. Contohnya 1 gelas Starbucks memiliki kira-kira 600 kalori.
  • Kelebihan kalori yang masuk ke badan kita akan secara otomatis dirubah badan kita menjadi cadangan makanan berupa lemak.
  • Dengan demikian kalo kita mau turun berat badan kita perlu mengkonsumsi kalori lebih sedikit dari yang dibakar badan kita. Karena kekurangan kalori yang dibutuhkan akan diambil dari cadangan di badan kita yaitu lemak. Itulah sebabnya kita akan turun berat badan.
Tantangannya adalah kita harus mengkonsumsi makanan dalam kalori rendah tapi tetap memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi badan kita . Kalo kita hanya sekedar mengurangi makan makan atau diet dg cara radikal akan membuat metabolismebadan kita jadi lambat dan turun berat badan jadi sulit.

Jika kalori yang kita masukkan = kalori yang dibakar maka berat badan kita akan stabil. Jika kita ingin turun rata-rata 1kg per minggu, kita perlu mengkonsumsi 500 kalori kurang dari yang dibakar oleh badan sehari-hari. Di contoh diatas, quota kalori yang bisa dimasukkanke badan anda adalah 1400-500 =  900 Kalori.

Pertanyaan : Misalkan anda tidak makan apapun kecuali buah-buahan. Misalnya anda makan buah melon, mangga, apel selama 1 hari penuh. Badananda mampu membakar 1400 kalori, tapi total kalori dari buah-buahan yang anda makan misalnya 2000 kalori. Apakah anda akan menjadi gemuk ?

Jawaban : YA.  Anda akan naik berat badan meskipun apa yanganda makan adalah buah-buahan. Jadi tidak penting apa yang anda makan, selama kalorinya berlebihan, anda akan naik berat badan. 

Saya memberikan informasi ini karena banyak orang beranggapan mereka bisa makan buah dan sayur sebanyak mungkin dan tetap langsing. Sekian..terimakasih :)


0 Response to "Menemukan Berat Badan Ideal Anda"

Posting Komentar